MC Pengajian Umum

الحمد لله وشكر لله على نعم الله والصلا ة والسلا م على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه لا حول ولا قوة الا باالله. أمّا بعد فقد قال الله تعالى في كتابه الكريم. أعوذباالله من الشيطان الرجيم. بسم الرحمن الرحيم. لًئٍن شًكًرتٌُم لًئًزٍيدًنّكُم وًلًئٍن كًفًرتُم إٍنّ عًذًابٍي لًشًدٍيدٌ. صًدًقً اللهُ العًظٍيم

1.
 Yang kami mulyakan, Para Asatidz, Para Imam Masjid, Para Sesepuh, wabil khusus al mukarram wal muhtaram Bpk. Dr Suwendi  (Direktorat PD Pontren Kementerian Agama RI), Bapak KH Asror Muhammad (Pimpinan Pontren Kebon Jambu dari Cirebon Jawa Barat) dan Ibunda Nyai Hj. Masriyah Amva, yang insya Allah pada malam hari ini akan menyampaikan maui'dzah hasanah.

2.
 Yang kami mulyakan al-Mukarrom Bapak. Drs. H. Pua Monto Umbu Nay dan Ibu.

3.
 Yang kami mulyakan Pimpinan Majelis Taklim se Waikabubak beserta jamaahnya.

4.  Yang kami sayangi dan banggakan para santri pondok pesantren Baitul Hikmah Waikabubak.

 Untaian kata syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Ilahi Robbi, Sang Maha Pengasih nan tak pernah pilih kasih, Tuhan Penyayang seluruh umat sepanjang zaman, yang selalu melimpahkan Rahmat kepada kita semua sehingga pada malam hari ini kita dapat melangkahkan kaki, mengayunkan tangan, bersambung rasa berkait hati, duduk simpuh, untuk mengikuti acara Pengajian Umum yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Baitul Hikmah Waikabubak.

Sholawat maa'ssalam tidak lupa kita haturkan kepada seorang nabi, yang tinggi martabatnya bagai langit biru membentang, indah bagai rembulan bercahaya terang, semerbak bagaikan wangi bunga melati, beliaulah nabi akhirul zaman, baginda Nabi Besar Muhammad SAW yang syafa'atnya kita nantikan di hari kiamat kelak.

Hadirin Rohimakumulloh ……

Dengan senantiasa memohon Taufiq dan Hidayah serta Keridhoan Allah SWT, marilah kita buka acara Pengajian Umum ini, kita buka bersama–sama dengan membaca Ummul Kitab.

......... لرضاء الله تعالى ولشفاعة رسول الله على هذه النية وعلى كل نية صالحة الفاتحة 
Terima kasih, semoga dengan bacaan umul kitab tadi, acara pada malam hari ini dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan suatu apapun dan dapat membuka hati kita untuk menerima ajaran Allah dan RasulNya.

Mengawali acara kita malam ini, marilah kita dengar lantunan ayat suci Al Quran yang akan dibawakan oleh ananda kita Nurmi Hermansyah.
Bapak Ibu yang saya hormati, selanjutnya mari kita bersama-sama dengan para Santriwati untuk melantunkan shalawat badar. Kami mohon kita semua untuk berdiri.

Sebelum kita menyimak mauidzoh hasanah yang akan disampaikan oleh Bapak Kyai dan Ibu Nyai yang telah jauh-jauh terbang dari Jawa ke tanah Sumba ini, marilah kita terlebih dahulu sambut sekapur sirih yang akan disampaikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Baitul Hikmah Waikabubak.
Kepada Al Mukarrom, Bapak Drs H. Pua Monto Umbu Nay, kami persilahkan.
Bapak Ibu, Hadirin yang dicintai oleh Allah.
Kini kita tiba di acara inti. Yakni penyampaian mauidzoh hasanah yang berturut-turut –dengan tanpa mengurangi rasa hormat kami-- akan disampaikan oleh Bapak Dr. Suwendi (salah satu pejabat inti di Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI di Jakarta)
Kemudian,  Bapak KH. Asror Muhammad akan pula memberikan wejangan-wejangannya yang amat sangat dirindukan oleh kita semua yang telah hadir di sini.
Dan Berikutnya, Ibunda Nyai Hajjah Masriyah Amva, Tak lupa kami mohon untuk menyampaikan  nasehat dan bimbingan2nya kepada kita sekalian, terutama bagi ibu-ibu majelis taklim yang sudah menanti-nanti momentum ini.

Bapak Ibu yang berbahagia, mari sambut Bapak dr Suwendi….
Terimakasih Bapak dr Suwendi yang telah memberikan siraman air sejuk bagi rohani kita.
Berikutnya, Bapak KH Asror Muhammad kami persilahkan.
Kepada Bapak KH Asror Muhammad, kami ucapkan limpah terima kasih, atas wejangan2nya yang insya Allah amat bermanfaat bagi kita sekalian.
Sebuah Puisi dari Ibunda Masriyah Amva

Telaga Indah

Telaga indah ini…
Kucipta dari air mata

Kuteteskan di setiap lara
Kuperas di setiap duka

Telaga indah ini
Melahirkan cerita legenda

Dan menjadi saksi…
Saat-saat aku peluk erat diri-Mu

Erat
Sangat Erat

Dan tak mau terpisahkan
Dan tak mau terlepaskan

Pelukan itu…
Adalah lambing ketentraman

Air mata itu…
Adalah lambing kedamaian

Sampai kini…
Pelukan itu tak pernah terpudarkan

Sampai kini…
Air mata itu tak pernah kuhentikan.


Hadirin yang berbahagia, mari kita sambut Ibunda Nyai Hajjah Masriyah Amva.
Terima kasih Ibunda. Terima kasih sedalam-dalamnya kami haturkan kepada Bapak Suwendi, Bapak KH Asror dan Ibunda Masriyah Amva yang telah sudi meluangkan waktunya untuk mengisi ruang kosong dalam sanubari kami.
Insya Allah apa yang telah Bapak dan Ibu sampaikan pada malam ini, akan senantiasa kami kenang, kami ingat dan kami praktekkan dalam kehidupan kami semua.
Tak terasa, malam semakin menebarkan hawa dinginnya, Detak jam bergerak tiada terhentikan. Ingin rasanya hati berlama-lama menuntaskan kerinduan ini. Namun sang waktu telah membatasi.
Marilah kita tutup acara kita ini dengan doa yang akan dibawakan oleh Al Ustadz, H. Makmur Rodli, BA.
Kalau ada sumur di ladang bolehlah kita menumpang mandi, kalau ada umur yang  panjang bolehlah kita berjumpa  lagi.
Tiada gading yang tak retak. Tiada sungai yang tak berriak.  Kami ucapkan terima kasih seraya memohon maaf bilamana ada kata dan sikap yang tidak berkenan.


والله الجزيل إلى أقوم السبيل
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

6 komentar: