Kerewei

Dari Kecamatan Lamboya Kabupaten Sumba Barat, saya ingin mengajak kawan-kawan mengenali lagi sebuah pantai yang indah dan eksotis. Pantai Kerewei namanya. Pantai ini terletak di sebuah teluk yang indah dengan  pohon-pohon nyiur yang melambai-lambai di sepanjang pinggirnya. Pantai dengan panjang sekitar dua kilometer ini berpasir putih dan sangat landai. Sangat nyaman bila kita ingin mengajak keluarga untuk berenang di sana.
Pantai Kerewei
Pada sisi sebelah kanan teluk, terdapat satu lokasi yang menjadi favorit para pengunjung dimana tergolek sebuah pulau karang kecil dengan diameter kurang lebih tiga puluh meter. Bila air laut sedang surut, kita bisa berjalan menuju pulau itu dan menyaksikan biota-biota laut yang terjebak di lekukan-lekukan karang. Indah dan menggemaskan. Bahkan bila kita punya cukup keberanian, kita bisa mendaki ke puncak pulau karang itu. Tidak terlalu tinggi, sih. Namun cukup mendebarkan, karena untuk mendakinya kita harus menaklukkan karang-karang yang tajam. Dari atas pulau itu kita bisa memandang hamparan laut yang biru kehijauan. Dan bila beruntung, kita bisa pula menyaksikan ikan-ikan karang nan elok berkejaran di laut yang jernih.

Pantai pasir putih nan landai dan luas
 

Persis di bibir pantai tidak jauh dari pulau karang itu, ada lagi sebuah batu karang yang lebih kecil. Batu karang ini sering dijadikan objek latar belakang para pengunjung untuk berfoto-foto. Pada sebuah sudutnya, batu karang itu membentuk serupa gapura setinggi bahu orang dewasa. Siapapun pasti tergoda untuk berpose di sana.

Berpose di gapura karang
Puas berjalan menyusuri pasir putih yang halus, air laut yang tenang seakan membujuk kita untuk menceburkan diri didalamnya. Tidak perlu kuatir tenggelam atau terseret arus ombaknya, karena pantai itu landai dan berarus tenang. Mungkin itu pula sebabnya, penduduk lokal memanfaatkan pantai itu untuk menanam rumput laut. Berenang berlama-lama di sana terasa sangat menyenangkan.




Nyaman bermain di tepi pantai
Sayangnya dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang, kondisi pantai menjadi kotor oleh sampah plastik. Kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai masih sangat kurang. Saya kadang geram, tapi tidak tahu harus berbuat apa. Kecuali sebisa mungkin berusaha mengumpulkan sampah-sampah plastik yang berserakan dan membakarnya. Sekedar untuk mengurangi saja. Karena untuk membersihkannya secara total perlu kesadaran orang banyak. Namun sekecil apapun andil yang saya berikan, mudah-mudahan saja bisa tetap menjadikan pantai itu bersih dan indah.

Kapan-kapan, kalau anda hendak melintasi Sumba menuju Australia, silahkan mampir ke Pantai Kerewei. Hehehehe....


Berenang




Repost dari catatan fesbukku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar