MC Acara Akad Nikah



Bismillahirrahmanirrahiim.


Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Alhamdulillahirabbil ‘alamin, alladzii ja’ala lanaa al ardha, maa fiihi la’ibratan li ulil albaab. Asshalaatu wassalaamu ‘ala asyrofil anbiyaai wal mursaliin, wa ‘alaa aalihi wa ashhabihi ajma’iin. Amma ba’dhu.


Para Pini Sepuh, Keluarga Kedua pengantin, Bapak Ibu tamu undangan yang kami mulyakan.

Puja dan puji tercurah limpah kepada Rabbul Izzati, karena atas perkenanNya kita sekalian dapat hadir dalam Hajat yang diselenggarakan oleh keluarga Bapak ………………………………………………………………dalam rangka penyatuan dua pasang sejoli yakni
1.  Ananda atau saudara kita Lia Amalia dengan Mustafa Bamualim 
2.  Ananda atau Saudara kita …………………………………………………dengan………………………………………….
untuk melangsungkan akad nikahnya pada hari yang bahagia ini.


Bapak Ibu Tamu Undangan yang dimulyakan oleh Allah.
Peristiwa pada hari ini sangatlah luar biasa, mengingat prosesi akad nikah yang akan sama-sama kita saksikan akan diucapkan oleh dua pasang mempelai.  Dan semoga,
dengan akan dilangsungkannya akad nikah ini, maka dengan demikian empat keluarga besar akan bertaut dalam tali silaturrahim yang kian erat, dalam hal ini keluarga besar Bapak ………………………………………………. akan bersatu dengan keluarga besar Bapak ………………………………………………….dan keluarga besar …………………………………………………akan bersatu dengan keluarga besar………………………………………………………..


Sebelum kita mulai acara ini, terlebih dahulu kami jemput kedua Mempelai  pria, untuk mengambil tempat di majlis akad.

Kemudian kami mohon dengan hormat kedua Wali nikah dari kedua pengantin untuk dapat mendampingi pengantin di depan.

Selanjutnya kami mohon pula dengan hormat kepada Bapak Kepala KUA Kec Loli beserta para saksi dari kedua belah pihak yakni  Bapak ……………………………………………………..dan Bapak……………………………………………………………, kemudian Bapak …………………………………………dan Bapak………………………………………………. Untuk menempati majlis yang telah disiapkan.
 Terima kasih.

Acara akad nikah antara Ananda atau saudara kita Lia Amalia dengan Mustafa Bamualim dan Ananda atau sudara kita ……………………………………………………………. Dengan …………………………………………………………………………akan segera dimulai.

Pertama-tama, marilah kita simak pembacaan kalam Illahi oleh………………………………………………………………………………………………………………………………….

Para  Mempelai yang berbahagia dan para hadirin rohimakumullah.
Berikut ini adalah khutbah nikah yang akan disampaikan oleh Al Ustad Bapak ………………………………………………………………………………..

Demikianlah tadi khutbah nikah yang telah disampaikan oleh Bapak ………………………………………………………………………….. semoga Para Mempelai  dapat memetik hikmah dari padanya sehingga sedikit banyak dapat menjadi bekal dalam mengarungi rumah tangganya kelak.

Baiklah Bapak Ibu hadirin yang dimulyakan oleh Allah. Kini tibalah kita pada acara inti  yakni akad nikah
  1. Ananda atau saudara kita Lia Amalia  dengan Mustafa Bamualim. Dan acara selanjutnya akan dipandu oleh Kepala KUA Kec. Loli.
  2. Ananda atau Saudara kita ……………………………………………………………….. dengan……………………………………………………………………………….. acara selanjutkan kami serahkan pada Kepala KUA Kec Loli.

Pembacaan doa oleh Al Mukarrom Bapak………………………………………………………………

Penandatangan akta nikah.

Bapak Ibu yang terhormat, berikut ini adalah penyerahan Sertifikat Kursus Calon Pengantin dari Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan atau (BP4) kab. Sumba Barat kepada Pengantin Pria.
Kepada Ibu Ketua BP4  Kab. Sumba Barat yaitu Ibu Hj. Nursaibah Abbas SIP, kami mohon untuk berkenan menyerahkan sertifikat tersebut.

Dan kini dilanjutkan dengan penyerahan buku nikah sekaligus dirangkai dengan penyerahan mahar atau mas kawin. Kepada Kedua Mempelai pria yang berbahagia, kami persilahkan untuk menuju kediaman Mempelai Wanita.
 
Untuk mengawali langkah kedua pengantin dalam meniti kehidupan berumah tangga, kedua pengantin tak lupa melakukan sungkeman guna memohon doa restu kedua orangtuanya dan tak lupa mengucapkan terima kasih  tak terhingga atas kasih sayang yang terlimpah kepada kedua pengantin sejak dari buaian hingga kini dapat menjalani kehidupan yang mandiri. Semoga amal sholih Ayahanda dan ibunda dari kedua pengantin  ini mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Amin.

Bapak Ibu Hadirin yang kami cintai, berakhirlah sudah seluruh untaian acara akad nikah pada hari ini. Terucap doa semoga kedua pasang Mempelai  dapat menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah. Kami mewakili Shohibul bait, mengucapkan limpah terima kasih atas kehadiran, dukungan dan perhatian dari kita semua. Jazaakumullah khoiran katsiro.
Tak lupa Kami mohon maaf bilamana ada kekhilafan atau ketidak layakan kami dalam menyelenggarakan acara ini.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar