MC Acara Ceremonial Buka Puasa Bersama

ACARA BUKA PUASA BERSAMA ANTARA PEMERINTAH DENGAN UMAT BERAGAMA
Hari Jumat tanggal 19 September 2008 bertempat di Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat, akan segera dimulai.

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu'alaikum wr wb. Salam sejahtera.

Yang terhormat Bapak Bupati Sumba Barat,
Ketua DPRD, Pimpinan Muspida, Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Waikabubak, Kepala Dinas, Kantor,  Badan, dan Bagian pada Setda Kabupaten Sumba Barat
Para Alim Ulama, Tokoh Agama Dan Tamu Undangan,
Serta Bapak Ibu Muslimin dan Muslimat sekalian.


Marilah kita awali acara Buka Puasa Bersama ini dengan memanjatkan puja dan puji ke hadirat Allah SWT, yang dengan Kasih Sayang-Nya yang berlimpah telah menebarkan begitu banyak karunianya dalam setiap detik kehidupan kita, sehingga kita masih dapat bersua dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah, bulan dimana kita dapat beribadah dan Allah membalasnya dengan pahala 1000 x lipat nilai ibadah di bulan lain, bulan dimana kita dapat mengasah kepekaan terhadap penderitaan kaum papa yang senantiasa didera rasa lapar disaat kita kekenyangan; dengan kita menjalankan puasa, bulan dimana kita diberi waktu untuk bermuhasabatun nafsi berintrospeksi diri, merenungi kiranya kita selama sebelas bulan yang lalu telahkah kita hidup, bekerja, bersosialisasi, dan beribadah sebagaimana yang diperintahkan Allah ataukah ada celah dimana kita mengenyampingkan Allah dalam langkah perjalanan hidup kita.

Subhanallah, Maha Suci Allah, Yang Telah Mewajibkan Kaum Yang Beriman untuk menjalankan Puasa di bulan Ramadhan Mubarak.

Shalawat serta Keselamatan semoga senantiasa tercurah kepada junjungan seluruh Alam Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya shahabat dan setiap umatnya hingga akhir zaman.

Bapak Bupati dan para hadirin Yang Terhormat,
Acara Buka Puasa Bersama ini sejatinya bermakna kebersamaan dalam keberagaman yang begitu indah. Namun kiranya dapat pula kita maknai sebagai pengejawantahan dari niat kita menjadikan hari esok lebih baik dari hari kemarin.

Untuk memulai rangkaian acara kita hari ini,  marilah kita simak lantunan ayat suci yang akan dibawakan oleh Bapak Hasanuddin, A.Md dan saritilawah oleh saudari Nailul Hidayah, S.PdI.

Melangkah pada acara selanjutnya, Bapak Ibu Hadirin Yang terhormat, kita persiapkan hati kita untuk bersama-sama mendengarkan taushiyah Hikmah Puasa  oleh Ustadz Ahmad Rubaya, S.Ag. 

Semoga untaian mutiara hikmah yang telah diuraikan oleh Ustadz Ahmad Rubaya, S.Ag dapat memperkokoh  keimanan kita terhadap Sang Khalik. Amin.

Berikutnya adalah sambutan- sambutan. Yang pertama sambutan dari Ketua MUI Kabupaten Sumba Barat. Kepada Bapak Abdullah A. Bamualim selaku Ketua Umum MUI Kabupaten Sumba Barat kami persilahkan.

Kini Marilah kita simak sambutan Bapak Bupati Sumba Barat.

Selanjutnya doa yang akan dipimpin oleh Ustadz  H. Muhammad bin Hasyim al Gadri.

Bapak Bupati dan para hadirin Yang Terhormat, usai sudah seluruh rangkaian acara seremonial Buka Puasa Bersama pada petang hari ini. Dalam beberapa saat lagi kaum muslimin yang tengah berpuasa akan membatalkan puasanya dengan menyantap hidangan pembuka alakadarnya bersama Bapak Bupati dan Bapak Ibu Tamu Undangan sekalian. Kami umumkan bahwa waktu buka puasa pada petang hari ini adalah pada pukul 18.00 wita. Untuk itu kami sampaikan bahwa untuk menanti saat berbuka puasa kaum muslimin muslimat akan diiisi dengan dzikir dan doa kemudian dilanjutkan dengan Sholat Maghrib berjamaah dipimpin oleh Ustad Drs. H. Pua Monto Umbu Nay. Kami persilahkan kepada kaum muslimin yang akan menegakkan sholat maghrib berjamaah untuk mempersiapkan diri dengan melaksanakan wudhu di tempat yang disediakan.  Seusai shalat magrib nanti, dengan ditemani Bapak Bupati beserta tamu undangan lain,  kaum muslimin akan bersantap malam, Kami ucapkan selamat berbuka puasa, semoga amal ibadah kita menuai keridhoan dari Allah SWT. Dan seluruh lapar dahaga kita  sebulan penuh ini akan menyucikan hati kita kembali fitri.


Bapak Bupati dan para hadirin Yang terhormat, setelah bersantap malam bersama nanti, seluruh rangkaian acara Buka Puasa Bersama benar-benar telah berakhir, karena kaum muslimin dan muslimat harus segera menunaikan sholat Isya dan Tarawih. Kami mewakili penyelenggara acara mengucapkan terima kasih atas kebersamaan kita dari petang hingga malam hari nanti, tak lupa kami mohon maaf bilamana ada kekurangan dan kekhilafan dalam pelaksanaan acara ini. Kebersamaan kita tidaklah putus hingga disini saja, melainkan akan terus terjalin selama-lamanya.


Terima kasih. Selamat malam. Wassalamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar